5 Masakan Indonesia yang Mendunia, Bikin Nambah!

Ada berbagai makanan Indonesia yang memiliki rasa sangat lezat. Sebagian dari makanan ini bahkan sudah dikenal oleh masyarakat dari seluruh penjuru dunia.

Makanan-makanan ini berasal dari berbagai daerah, yang menggambarkan budaya khas Nusantara. Penasaran apa saja makanan Indonesia yang mendunia? Simak beberapa daftarnya di bawah ini:

Daftar Makanan Indonesia yang Mendunia

1. Rendang Jengkol

Sudah tak diragukan lagi jika rendang menduduki peringkat tertinggi sebagai makanan Indonesia yang mendunia. Makanan khas Sumatera Barat ini menjadi salah satu kuliner yang sering disajikan di berbagai festival Internasional termasuk di Filipina. Rendang tidak hanya terbuat dari aging sapi saja. Tapi, ada juga rendang jengkol yang cukup terkenal, lho.

2. Rendang Daging

Makanan tradisional khas Indonesia kedua yang disukai idol Korea Hanni NewJeans selanjutnya adalah rendang daging. Rendang daging (tanpa jengkol) pernah berhasil meraih posisi teratas dalam daftar 50 makanan dunia terenak versi CNN Internasional pada tahun 2011.

Rendang adalah olahan daging yang dimasak bersamaan dengan bumbu dan rempah-rempah asli Indonesia. Proses memasak rendang pun tidak sebentar. Dibutuhkan kesabaran ekstra dan waktu beberapa jam untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

Selain itu, proses memanaskan harus berulang kali dilakukan serta harus menggunakan santan kelapa untuk mendapatkan tekstur daging empuk dan warna pekat. Saking lezatnya, bahkan membuat Gordon Ramsay, koki kenamaan dunia, rela datang ke Sumatera Barat untuk mempelajari resep aslinya.

3. Sate

Siapa sangka, sate ayam madura ternyata juga termasuk makanan Indonesia yang populer seantero bumi. Karena kelezatan yang dimilikinya, hidangan ini muncul sebagai salah satu menu di sejumlah restoran, salah satunya di Satay Junction yang terletak di New York, Amerika Serikat.

Sebenarnya, beberapa negara Asia lain juga memiliki makanan yang mirip dengan sate, seperti yakitori dari Jepang. Namun, sate khas Indonesia tetap menarik perhatian masyarakat luar negeri karena bumbunya yang lezat.

Di Indonesia, makanan satu ini memiliki pengolahan dan bumbu beragam dari masing-masing daerah. Misalnya sate Madura, sate Padang, sate Maranggi, atau sate lilit khas Bali yang rasanya sangat lezat.

4. Pempek

Makanan khas daerah Sumatera Selatan yang disukai Boy William dan Catheez ini sudah cukup terkenal dengan kelezatannya. Dikenal dengan sebutan pempek, makanan tradisional ini terbuat dari olahan ikan yang dicampur dengan sagu. Biasanya, pempek disajikan dengan kuah cuko atau cuka yang begitu menggoda selera.

Ada beberapa jenis pempek yang biasa ditemukan saat ini, misalnya:

  • Pempek Lenjer
  • Pempek Ikan Kembung
  • Pempek Tahu
  • Pempek Kapal Selam
  • Pempek Pistel
  • Pempek Telor

Ikan belida adalah salah satu asal mula bahan dasar pembuatan pempek yang berasal dari Sumatera Selatan atau Palembang. Namun, kelangkaan ikan belida membuat penjual harus menggunakan ikan jenis lainnya yang tak kalah lezat.

5. Gado-Gado

Salah satu makanan Indonesia yang juga termasuk ke dalam daftar makanan mendunia adalah gado-gado. Makanan khas tanah Jawa ini terdiri dari sayur-sayuran rebus, potongan telur, taburan bawang goreng dan dicampur dengan bumbu kacang tanah.

Karena mirip salad, gado-gado pun kerap disebut orang suka main game terbaru 2023 sebgai salad versi Indonesia. Meski sederhana, makanan khas Indonesia yang satu ini menjadi favorit banyak orang, lho.

Tak hanya karena kelezatan dan harganya yang relatif murah, gado-gado memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat Indonesia karena tergolong sehat dan cocok untuk diet. Bahkan, kuliner khas Indonesia yang satu ini menjadi juara pertama di kategori tampilan sajian estetika.

Itulah beberapa jenis makanan Indonesia yang mendunia beserta daerah asalnya. Nah, kalau kamu sendiri, apa saja makanan yang paling disukai? Tetap ingat untuk membatasi porsinya saat dikonsumsi, ya!

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kuliner Foie Gras: Menggoda Lidah dengan Kelezatan Luar Biasa

8 Resep Usus Ayam yang Enak dan Mudah Dibuat di Rumah

20 Makanan Malaysia yang Enak dan Menggugah Selera